7 Jenis Kopi Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Jenis Kopi Indonesia – Apakah Anda pernah mendengar tentang jenis kopi Robusta? Pastinya bagi pecinta kopi yang satu ini bukan pendatang baru lagi. Banyak sekali penggemar jenis kopi Indonesia yang memilih Robusta untuk ngopi di pagi hari dan memang jenis yang satu ini populer juga di seluruh dunia.

Perlu Anda ketahui, jika Indonesia adalah termasuk dalam jajaran 5 besar negara penghasil kopi terbesar yang ada di dunia.

Yang pertama adalah Brazil, Vietnam, Kolumbia dan tentu saja Indonesia. Fakta tersebut didapatkan dari data FAO atau Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia, pada tahun 2017-18 silam.

Hal itu bisa terjadi karena Indonesia yang memiliki iklim tropis, sehingga bisa membuat tanaman kopi tumbuh dengan sangat baikm sebab kopi memang butuh ditaman di tempat yang iklimnya tropis seperti Indonesia.

Produksi kopi itu sendiri tersebar di seluruh penjuru negeri, dan setiap daerah memiliki kopinya sendiri yang khas, serta memiliki tempat khusus di hati para pecinta kopi.

7 Kopi Indonesia yang Mendunia

jenis kopi Indonesia

Berikut ini adalah beberapa macam kopi Indonesia yang terkenal dan disukai bukan hanya oleh masyarakat lokal saja, namun juga masyarakat luar negeri. Simak rangkumannya berikut ini:

1. Kopi Gayo

Ini adalah kopi yang berasal dari Aceh, merupakan salah satu daerah yang menjadi penghasil kopi kualitas premium. Kopi ini ditanam pada dataran tinggi Gayo, itulah mengapa namanya pun kopi Gayo.

Ditanam di ketinggian 1200-1700 Mdpl, tekstur dari kopi ini lebih encer dan tidak sepekat kopi lainnya. Adapun asamnya juga pas, cocok bagi Anda pecinta kopi dengan rasa yang ringan serta tak terlalu asam seperti yang lain. Cara penyajiannya juga tradisional dan unik, lho!

Jadi caranya tidak diseduh melainkan dengan cara direbus dalam panci khusus, biarkan menddih dan kemudian barulah tuang ke dalam gelas yang sudah lebih dulu diisi susu dan gula. Aduk, siap untuk disajikan.

2. Kopi Arabika Kintamani

Dari namanya sudah tertebak dari mana asal kopi yang satu ini, bukan? Betul, dari Pulau Bali. Memiliki citarasa unik dan begitu segar, yang berasal dari buah-buahan.

Kekentalannya menjadi ciri khas dari kopi Arabika Kintamani ini, dan rasanya yang lembut nan ringan membuat warga Eropa, Jepang dan Arab jatuh cinta dengan kopi yang diekspor dari Bali ini.

3. Kopi Toraja

Apakah Anda pernah mendengar perihal kopi yang satu ini? Ada negara yang sudah menjadi pelanggan utama dari ekspor kopi Toraja yang legendaris, yaitu negara Amerika dan Jepang. Yang menjadi ciri khas dari kopi ini adalah ada rasa pahit yang terasa kuat ketika mereguk kopi, namun setelah diminum maka tak ada after taste effect yang membuatnya terasa bagitu spesial.

Kopi yang hanya tumbuh di daerah Sumatera ini memiliki sensasi rasa tanah, atau rasa hutan lengkap dengan rasa asam yang rendah, atau disebut juga sebagai rasa earhty.

4. Kopi Arabika Java Ijen Raung

Kopi yang satu ini asalnya dari Bondowoso, merupakan hasil produksi dari para petani yang tinggal di Jawa Timut, dengan ciri khas yang istimewa yaitu ada citarasa pedasnya, bercampur dengan aroma bunga hutan yang menggoda.

Pada pertama kali diekspor keluar negeri, kopi yang satu ini hanya dalam satu kontainer saja karena masih sedikit peminatnya. Namun seiring perkembangan teknologi informasi, makin hari makin banyak saja yang menyukai jenis kopi yang satu ini. Salah satu indikatornya adalah mengekspor 43 kontainer (kurang lebih 800 ton biji kopi kering) ke luar negeri.

5. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Sementara itu, kopi Liberika Rangsang Meranti ini asalnya dari Kota Riau dan populer sekali di Malaysia juga Singapura, lho. Mereka adalah negara utama yang jadi pelanggan ekspor kopi jenis Rangsang Meranti.

Jika dilihat dari data yang dimiliki oleh Dinas Perindustrian Pemerintah Riau, ternyata kopi Riau ini sudah mengantongi sertifikat GI atau Indikator Grafis. Bahkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI menobatkan kopi ini sebagai salah satu hasul pertanian yang paling unggul.

6. Kopi Arabika Flores Bajawa

Berasal dari Nusa Tenggar Timur atau tepatnya di Flores. Ciri khasnya tingkat keasaman yang rendah, kekentalannya terbilang pekat dan rasanya unik, dominan cokelat vanila dengan after taste effect yang gurih seperti kacang. Amerika menjadi negara tujuan ekspor kopi yang satu ini.

7. Kopi Robusta Temanggung

Jenis kopi Robusta yang berasal dari Temanggung ini beda dari yang lain, sebab aromanya mengandung wangi tembakau yang khas, lengkap dengan rasanya yang pahit namun membuatnya jadi idola. Justru dengan rasa pahitnya itu, masyarakat pecinta kopi malah semakin jatuh cinta. Kopi ini diekspor ke Timur Tengah, Amerika Latin, Eropa dan masih banyak lagi. Semua orang dibuat tergila-gila dengan kenikmatan kopi ini.

Itulah sebagian dari jenis kopi Indonesia yang bukan hanya memikat hati pecinta kopi dalam negeri, namun juga sampai membuat masyarakat luar negeri ikut jatuh cinta kepadanya. Kunjungi situs Super Adventure untuk mendapatkan informasi seputar lifestyle, hobby dan berbagai informasi terkini yang wajib Anda ketahui.

Superadventure.co.id adalah situs lifestyle yang khusus diciptakan untuk Anda, para petualang yang senang mencari pengalaman baru, juga berbagai informasi terkini yang luar biasa. Jadikan hidup Anda lebih berarti dengan menjajal berbagai kegiatan menantang adrenalin yang menyenangkan. Kunjungi situsnya dan dapatkan pandangan hidup yang lebih modern, terbuka, dan selalu terkini untuk berbagai informasi dunia.

Tinggalkan komentar