Honda HRV : Kendaraan Cocok untuk Keluarga

Sedang mencari kendaraan yang cocok untuk keluarga? Mungkin Honda HRV cocok untuk dimiliki.

Di Indonesia sendiri, Honda HRV memang menjadi tulang punggung untuk penjualan mobil-mobil Honda. Tak hanya desainnya saja yang menggoda mata yah moms, namun fitur dan performanya juga sangat mengagumkan, terutama untuk kendaraan keluarga. Ada sekitar 5 varian dari New Honda HR-V dan kisaran harganya tahun 2020 mulai dari Rp 297 juta hingga Rp 415 juta saja.

Jika keluarga moms sudah beranggotakan lebih dari 4 orang, tentu menginginkan kendaraan yang mampu memfasilitasi mereka saat bepergian bersama. Memilih mobil keluaran Honda yang satu ini adalah keputusan yang tepat, sebab ukurannya yang cukup luas dan desain interiornya juga sangat nyaman.

Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, alangkah lebih baik jika Mom mengetahui kekurangan dan kelebihannya terlebih dahulu. Sehingga moms bisa mempertimbangkannya dengan keluarga, apakah mobil terbaik dari Honda ini sangat cocok untuk kebutuhan keluarga moms, atau butuh beberapa penyesuaian tambahan lain?

Yang akan saya dibahas adalah salah satu variannya, yakni Honda HRV 1.8L Prestige. Supaya moms bisa mengetahui apa saja kemewahan yang bisa keluarga moms nikmati dengan kisaran harga di bawah 500 juta Rupiah ini.

Kelebihan Honda HRV

Honda HRV

Ingin merasakan nyamannya berkendara mewah bisa dinikmati mulai dari bagian luar kendaraan, salah satunya lampu utama LED multi reflektor, yang sudah lengkap dengan lampu LED untuk berkendara siang hari.

Faktor yang membuatnya canggih adalah headlamp yang sudah dilengkapi dengan pengaturan sorot lampu otomatis, bahkan ada lampu kabut juga yang dapat digunakan saat kondisi tertentu.

Kemudian dengan adanya fitur smart key, moms akan dengan mudah untuk masuk mobil terbaik Honda dan menikmati interior Honda HR-V yang nyaman namun tetap elegan.

Dengan melalui tombol Start-Stop, menyalakan dan mematikan mesin cukup dengan menekan tombol saja sangat cocok untuk moms yang anti ribet-ribet club.

Di dalam mobil, interiornya sangat berkelas dengan material kulit yang membalut dashboard, jok, tuas persneling dan kemudi, juga untuk sejumlah bagian kabin. Tambahan panoramic sunroof membuat Honda HRV ini makin mewah dan elegan.

Moms juga sudah bisa menghubungkan sistem multimedia dari smartphone melalui floating capacitive touchscreen 8 inchi. Fungsi lain juga bisa digunakan display kamera parkir yang praktis. Pada kemudi ada audio steering switch yang modern, bahkan juga ada paddle-shift yang digunakan untuk mengoper gigi. Ada mode auto untuk AC dan pengaturannya juga sudah digital.

Bagaimana dengan fitur keselamatannya? Sudah sangat lengkap dimulai dari rem ABS atau Anti-lock Braking System dan juga ada EBD atau Electronic Brake Force Distribution. Bahkan ada juga BOS atau Brake Override System.

Bagi moms yang sering lupa saat parkir, mobil ini dilengkapi dengan rem parkir elektrik mode Auto Hold jadi lebih aman. Tersedia juga Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), juga Emergency Stop Signal (ESS). Masih kurang? Sebanyak 6 airbag tersebar di sekeliling kabin mobil untuk keamanan saat bekendara.

Kekurangan Honda HRV

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan semua kelengkapan tersebut harus merogoh kocek hampir 500 juta Rupiah. Sebab kelebihan itu semuanya hanya ada dalam New Honda HR-V 1.8L Prestige.

Tapi jangan khawatir, sebab varian Honda HRV lainnya yang lebih terjangkau, memiliki kelebihan yang hampir mirip dan sama-sama cocok untuk membawa seluruh anggota keluarga berjalan-jalan.

Jika ada kelebihan, sudah tentu ada kekurangannya. Salah satunya adalah dari selisih harga antara dua varian termahal di pasaran, yaitu KIA Seltos dan Prestige ini. Selisihnya sampai 60 juta Rupiah dan Seltos menawarkan mesin yang lebih bertenaga ketimbang yang satu ini.

Sebab KIA Seltos bermesin 1,4 liter turbo, dengan tenaga 140 PS dan torsi puncak 242 Nm. Sedangka Honda HRV bermesin 1,8 liter dengan tenaga 139 PS dan torsi puncak 169 Nm saja.

Kekurangan lainnya adalah belum tersedianya wireless charging dalam HRV Prestige juga menjadi salah satu kekurangannya, mengingat keluarga zaman now pasti tak lepas dari gawai dan membutuhkan charging yang praktis dimanapun.

Di luaran sana memang masih banyak kendaraan yang memiliki spesifikasi yang nyaris sebanding, namun dengan harga yang lebih rendah. Namun jika melihat semua keamanan dan fasilitas mewah yang akan didapatkan keluarga melalui Honda HR-V, sudah tentu moms tak ingin menyepelekan hal itu, bukan?

Bagaimanapun juga kepuasan dan kenyamanan keluarga saat berkendara adalah segalanya. Setuju moms?

Tinggalkan komentar