Tingkatkan Produktivitas Kerja dengan Software Time Attendance

Di daerah pusat kota, waktu kini memengaruhi produktivitas kerja. Bagaimana tidak, macet atau lokasi kerja yang jauh dari rumah seringkali mengganggu waktu dan produktivitas kerja. Oleh karena itu, memiliki time attendance yang baik menjadi penting untuk menunjang produktivitas kerja.

Cara paling efektif selain memperbaiki sistem tata kelola karyawan adalah dengan memanfaatkan teknologi seperti software time attendance

Dengan adanya teknologi semacam itu, tata kelola karyawan yang sudah diatur sedemikian rupa menjadi lebih efektif dan dampaknya juga dengan cepat dirasakan oleh karyawan.

Lalu, apa saja alasannya sehingga software time attendance mampu memberikan pengalaman dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan?

Memungkinkan Work From Home

Memungkinkan Work From Home

Selama pandemi COVID-19, perusahaan yang sangsi dengan kerja dari rumah atau work from home perlahan mulai menerapkan sistem kerja remote tersebut karena alasan kesehatan.

Hal tersebut tentu akan mempengaruhi budaya kerja di masa mendatang dimana akan ada lebih dari 50% perusahaan mulai memberikan fleksibilitas kerja pada karyawannya dengan  alasan efisiensi dan efektifitas waktu.

Contoh saja perusahaan raksasa Google dan media sosial Twitter yang mulai membebaskan karyawannya untuk bekerja dari rumah selama-lamanya semenjak pandemi.

Adanya work from home tentu didukung dengan sistem yang lean dalam tata kelola karyawan salah satunya menggunakan teknologi seperti software time attendance.

Misalnya saja seperti absensi online. Dengan aplikasi tersebut, karyawan bisa melakukan absensi jarak jauh dan memungkinkan bekerja dari rumah.

Selain work from home, dengan adanya software time management karyawan bisa meningkatkan komunikasi baik antara perusahaan-karyawan maupun antar karyawan.

Baca Juga : Manajemen Inventory Terbaik, Temukan Solusinya Disini

Menciptakan Kantor Virtual

Menciptakan Kantor Virtual

Kantor virtual sejatinya memberikan solusi bagi perusahaan untuk meningkatkan fleksibilitas kerja terutama di tengah hiruk-pikuk kemacetan ibu kota.

Ya, kemacetan bukan hanya memakan waktu namun juga memakan tenaga yang akan mempengaruhi produktivitas karyawan. Sehingga kantor virtual atau coworking atau open working space menjadi solusi.

Sedikit berbeda dengan work from home, bekerja pada kantor virtual biasanya terdiri dari satu divisi tertentu dalam satu tempat. Sehingga komunikasi tidak berjalan secara jarak jauh saja namun juga tatap muka.

Software time attendance memungkinkan perusahaan menciptakan kantor virtual menggunakan time tracking karyawan, absensi online, dan juga penjadwalan jam kerja hanya dengan smartphone.

Mempermudah Karyawan Lapangan untuk Check-in dan Check-out

Mempermudah Karyawan Lapangan untuk Check-in dan Check-out

Bagi Anda karyawan lapangan mungkin cukup jengkel apabila Anda harus check in atau check out absen ke kantor padahal Anda harus bertemu nasabah atau klien persis di dekat rumah Anda yang jaraknya berkilo-meter dan juga memakan waktu.

Dengan adanya sistem absensi online pada software time management, karyawan bisa langsung absen pagi dan pulang hanya melalui smartphone

Selain itu, perusahaan juga bisa langsung memantau aktivitas absensi karyawan dengan mudah secara langsung, apalagi software time attendance saat ini sudah dilengkapi dengan selfie, GPS, dan juga uploadable document.

Hal-hal seperti sudah pasti dapat meningkatkan produktivitas karyawan lapangan Anda karena segala hal kecil seperti absensi lebih mudah dilakukan.

Lebih Praktis Ajukan Cuti dan Lembur

Lebih Praktis Ajukan Cuti dan Lembur

Load kerja yang melebihi biasanya memaksa karyawan untuk melakukan lembur dan juga sebaliknya, burnout saat bekerja seperti sakit karyawan pun perlu ajukan cuti.

Cuti dan lembur secara tidak langsung memengaruhi produktivitas kerja. Akses dan tata kelola mengajukan cuti dan lembur pun menjadi penting bagi perusahaan.

Misalnya tata kelola cuti yang berantakan dan tidak adil bisa membuat karyawan burnout atau tidak ada kontrol lembur yang menyebabkan perusahaan dianggap melakukan eksploitasi karyawan.

Untuk itu, sistem terotomasi dengan software time attendance sangat diperlukan. Dengan sistem otomatis, perusahaan bisa mengelola cuti dan lembur secara langsung (real-time) dan terintegrasi langsung dengan penggajian.

Karyawan juga dipermudah dengan pengajuan cuti dan lembur melalui smartphone yang proses persetujuannya juga dilakukan melalui smartphone.

Produktivitas kerja sangat dipengaruhi oleh inklusi (engagement) karyawan. Dengan proses yang lebih mudah dan fleksibel membuat karyawan betah bekerja dengan Anda atau setidaknya merasa karyawan kesejahteraannya terpenuhi.

Dengan adanya teknologi seperti time attendance software, Anda bisa menciptakan lingkungan tata kelola karyawan yang lebih kondusif dan produktif.

Jika Anda berminat untuk beralih dari sistem manual ke otomatis, Anda bisa menggunakan Talenta, software time attendance terbaik yang terintegrasi dengan sistem payroll. Anda juga bisa mencoba Talenta gratis di sini!

Tinggalkan komentar