Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga bisa menghasilkan tambahan uang belanja, walaupun ia berada di rumah dan mengasuh anak. Ada banyak sekali usaha untuk ibu rumah tangga, dari yang membutuhkan modal sampai tanpa modal sama sekali.

usaha ibu rumah tangga

Berikut adalah beberapa usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dengan modal kecil :

1. Reseller fashion

Yang pertama bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah menjadi reseller fashion, dan ada banyak sekali pihak pertama yang memperbolehkan reseller tanpa modal sama sekali.

Jadi hanya tinggal mengiklankan barang jualannya saja, kemudian saat ada pemesan tinggal disalurkan ke si tangan pertama. Nanti reseller akan mendapatkan bonus dari tiap fashion yang dijual lewat perantaranya.

Cara ini tak memerlukan banyak modal, sebab ponsel dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan harian. Sehingga menggunakannya untuk mengiklankan pakaian yang dijual, menjadi salah satu metode menghasilkan uang yang sangat praktis, bahkan bisa dilakukan di rumah tanpa meninggalkan anak sama sekali.

2. Usaha kuliner

Bagi ibu rumah tangga yang suka memasak, sangat cocok untuk memulai usaha di bidang kuliner. Apalagi sekarang musim sekali kuliner kekinian, makin kreatif dalam membuat olahan makanan, makin laris dan viral pula makanan tersebut. Itulah kenapa usaha kuliner sangat menjanjikan.

Kita bisa mencari inspirasi di internet, kemudian memodifikasinya supaya lebih unik dan menjadi ciri khas kita. Media pemasaran bisa lewat WA, atau media sosial lain seperti Facebook dan juga Instagram. Penghasilan yang didapat bisa melimpah ruah, sehingga ibu rumah tangga pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan banyak penghasilan walau di rumah saja.

3. Menjahit

Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini memang membutuhkan skill khusus, perlu kursus terlebih dahulu untuk memulai bisnis. Akan tetapi, hasil yang akan didapatkan tentu sangat memuaskan, apalagi jika kita kreatif dalam menciptakan kreasi busana yang baru.

Banyak sekali IRT yang membuka usaha fashion mereka lewat buka usaha jahitan sederhana. Awalnya mungkin hanya satu atau dua orang saja yang menggunakan jasa mereka, akan tetapi setelah terbiasa dan makin banyak kolega, semakin banyak pula yang menggunakan jasa mereka kemudian usaha pun bisa berkembang menjadi lebih besar lagi.

4. Blogger

Bagi ibu rumah tangga yang gemar menulis dan melek teknologi, bisa menjajal menjadi blogger. Memang tidak akan instan menghasilkan penghasilan, akan tetapi dengan rajin menulis artikel penting di blog, apalagi jika traffic di blog cukup bagus, maka akan datang brand yang meminta untuk menanam link dengan imbalan sejumlah uang. Nominalnya bervariasi lho, mulai dari seratus ribu sampai jutaan Rupiah tergantung performa blog kita.

Untuk memaksimalkan blog, bisa dilakukan dengan berbagai tutorial gratis di internet, bisa juga dengan mengikuti kelas berbayar yang notabene lebih cepat ‘menghasilkan’. Semua tergantung pada pemilik blog itu sendiri.

5. Content creator

Bagi ibu millennial, tentu tak asing dengan content creator dan banyak sekali platform yang memberikan kesempatan bagi para ibu untuk menyalurkan bakat mereka. Contohnya saja Youtube, IG dan juga Tik Tok. IRT bisa membuat konten memasak, menyanyi, bahkan drama komedi dan parenting di platform tersebut, serta menghasilkan uang dari endorse atau bahkan tawaran kerjasama resmi dari platform tersebut. Menarik, ya?

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak sekali usaha untuk ibu rumah tangga lain yang bisa dilakukan. Semua tergantung dengan bakat dan minat masing-masing. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar