4 Jenis Mesin Jilid Buku, Cek Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi Anda yang bekerja di percetakan, atau bekerja di tempat fotocopy pastinya sudah tak asing dengan mesin jilid spiral. Memang mesin tersebut familiar digunakan di tempat cetak baik itu percetakan besar maupun percetakan kecil, untuk menjilid buku yang dicetak di sana. Di percetakan, bukan hanya alat jilid spiral yang digunakan untuk menyatukan ratusan lembaran kertas, namun masih banyak mesin jilid lainnya yang umum dipakai.

Masing-masing mesin jilid memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, setiap percetakan memiliki pertimbangannya sendiri mengapa mereka memilih salah satu jenis mesin jilid. Karena memiliki masing-masing plus dan minusnya, maka Anda sebagai costumer yang memiliki keputusan mutlak untuk memilih jilid apa yang akan dipakai untuk buku yang sedang Anda cetak.

Macam-Macam Mesin Jilid Buku

proses jilid spiral, mesin jilit buku

Ketika Anda diharuskan mengcopy modul kuliah, atau mencetak banyak tugas, printing karya tulis dan lain sebagainya, untuk membuatnya lebih rapi dan mudah untuk dibawa, maka Anda harus menjilidnya. Bagi yang masih kebingungan, di bawah ini adalah beberapa jenis mesin jilid buku yang bisa menjadi rekomendasi:

1. Mesin Jilid Spiral Kawat

Jenis mesin yang pertama adalah mesin jilid spiral kawat, mesin yang satu ini terbilang populer di Indonesia terutama di jasa fotokopi. Hanya saja belakangan ini sudah jarang ditemukan karena ada mesin penjilidan lain yang lebih modern dan lebih mudah digunakan ketimbang spiral kawat.

Kelebihan

  • Memiliki penampilan yang lebih profesional dan rapi
  • Bisa dibuka dengan rata, tidak menggelembung atau harus dilipat
  • Anda bisa memutar cover depan ke belakang, sehingga ketika berada di meja bersama yang lain bisa menghemat space.
  • Mampu menggabungkan lebih dari 200 halaman dengan mudah, bahkan sampai 400-an halaman buku

Kekurangannya

  • Dibanderol dengan harga jilid yang cukup mahal dibandingkan mesin jilid lainnya
  • Ukuran spiral yang tidak fleksibel, sehingga harus menyediakan banyak ukuran spiral untuk berbagai ketebalan buku
  • Mesin harus dipelajari sampai mahir betul
  • Hanya tersedia dua warna, yaitu putih dan hitam

2. Spiral Plastik

Jika Anda menilai spiral kawat lebih merepotkan dan mahal, maka spiral plastik bisa menjadi pilihan Anda sebab lebih sederhana dan ekonomis juga. Ada kelebihan kekurangannya yang harus Anda ketahui:

Kelebihan

  • Tarif penjilidan yang lebih ekonomis dibandingkan dengan jilid menggunakan kawat spiral
  • Mampu menjilid halaman yang tebal sampai 450 halaman
  • Anda bisa menambah ataupun mengurangi halaman yang sudah dijilid tanpa perlu merusaknya

Kekurangan

  • Kurang elegan saat dilihat
  • Warnanya monoton, putih dan hitam saja
  • Jika Anda menjilid buku terlalu tebal, maka buku tak akan bisa dibuka dengan rata sampai ke belakang. Buku jadi hanya bisa dibuka biasa seperti jilidan non spiral

3. Lem Panas

Belakangan ini mesin jilid buku yang satu inilah yang paling populer, karena kertas-kertas tersebut akan dilem bersamaan dengan menggunakan lem yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Hal lainnya yang membuat mesin ini banyak digemari adalah karena cepat saat menjilid buku, 160 jilid bisa selesai dalam waktu 1 jam saja. Hanya saja untuk memanaskannya saat awal penggunaan harus menunggu 10-30 menit supaya benar-benar panas lemnya.

4. Jilid Biasa

Agaknya jenis penjilidan yang satu ini adalah yang paling umum dan mudah untuk dilakukan, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Yaitu dengan cara menggunakan staples lalu menutup sisi yang distaples dengan menggunakan lakban hitam tebal.  Dibandingkan dengan semua jenis penjilidan yang disebutkan di atas, penjilidan biasa ini jauh lebih mudah, lebih cepat dan lebih murah. Hanya saja hasilnya biasa saja dan juga mudah rusak, juga tak bisa menjilid halaman yang terlalu tebal.

Setelah mengetahui berbagai macam jilid buku, maka bisa disimpulkan jika alat jilid spiral kawat adalah yang paling elegan dan berkelas, jadi jika Anda ingin menjilid buku untuk kebutuhan formal maka sangat direkomendasikan memakai penjilidan ini. Kunjungi situs Maxipro.co.id untuk menemukan informasi lengkap mengenai berbagai mesin percetakan yang berkualitas.

Tinggalkan komentar